Cara Merawat Rambut Kering

Bagi seorang wanita , rambut adalah mahkota kecantikan yang tak ternilai harganya.Mungkin saat ini anda belum sadar betapa berharganya kesehatan dan keindahan rambut jika belum pernah mengalami kerusakan serius seperti bercabang, kusam, rontok, kering dan sebagainya.

Rambut yang kering menjadi salah satu penyebab rambut mudah sekali kusut, lalu bagaimana cara merawat rambut kering yang menjadi masalah bagi sebagian para wanita?

1. Hindari Pemakian Pengering Rambut
Mengeringkan rambut dengan alat pengering yang panas dapat menyebabkan rambut menjadi stress dan ujung-ujungnya menimbulkan kerusakan yang lebih parah. Sebaiknya agar rambut tidak mudah rusak dan bercabang keringkan rambut dengan kipas atau cukup diangin-anginkan saja.

2.  Memilih Shampo yang sesuai dengan jenis rambut kering
Pastikan Anda memilih shampoo khusus untuk jenis rambut kering. Langkah ini cukup penting karena rambut membutuhkan kelembaban yang ganda, yang bisa diperoleh lewat formula shampo untuk rambut kering.

3. Memilih kondisioner rambut yang cocok
Jika anda memakai kondisioner untuk merawat rambut, pilih yang tidak mengandung alkohol. Karena kandungan alkohol dapat membuat rambut semakin rusak, mudah rapuh dan kemudian patah satu per satu.

4. Menyisir rambut
Tahukah anda, menyisir rambut saat basah bisa menyebabkan kerontokan? Kondisi rambut yang masih basah bila langsung disisir akan mudah rapuh dan patah. Tunggu sampai kering atau bisa memakai handuk untuk mengusap secara perlahan. Pilihlah juga sisir yang lembut, terutama yang memiliki karet di ujung-ujung anak sisirnya dan usahakan gunakan sisir dengan gigi lebar. Sisir rambut dengan benar, cara menyisir rambut sangat berpengaruh dengan kesehatan rambut. Tidak perlu menyisir rambut berkali-kali tapi cukup rambut tidak kusut.

5.  Biarkan terurai saat tidur
Jika anda suka memakai pengikat atau pun bando, lepaskan saat akan tidur. Tujuannya untuk membuat rambut terurai sehingga mencegah mengembang di pagi hari selain itu juga membuat akar rambut bebas bernafas.

Itulah beberapa tips dan cara merawat rambut kering agar terjaga kesehatan mahkota rambutnya dan menyempurnakan penampilan kita di depan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar